Manfaat Segmentasi Pasar dan Cara Menerapkannya dalam Bisnis Anda
Salah satu tujuan segmentasi pasar adalah mencari tahu siapa target dari bisnis Anda, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan nilai bisnis Anda.

Mendirikan sebuah bisnis saat ini bisa dilakukan oleh siapapun. Tidak perlu langsung mendirikan sebuah perusahaan besar, pendirian sebuah bisnis bisa dimulai dengan membuat bisnis kecil seperti bisnis online.
Namun tentu ada berbagai hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan mendirikan sebuah bisnis seperti seberapa kuatnya ilmu bisnis yang Anda miliki. Hal yang perlu Anda pelajari untuk membuat bisnis yang baik salah satunya adalah segmentasi pasar.
Definisi Segmentasi Pasar
Pada dasarnya, istilah-istilah di dunia bisnis perlu dikenali karena mampu memberikan manfaat yang sangat baik bagi sebuah bisnis. Beberapa istilah tersebut biasanya berkaitan erat dengan strategi bisnis ataupun kebutuhan pengelolaan bisnis lainnya. Setiap istilah juga pada dasarnya bisa Anda pelajari kapanpun termasuk setelah bisnis Anda dimulai. Semakin cepat Anda mempelajari berbagai istilah bisnis, maka semakin maksimal penggunaan istilah tersebut dalam bisnis Anda.
Lantas apa itu segmentasi pasar ? istilah yang termasuk istilah yang berkaitan dengan strategi bisnis ini merupakan strategi yang digunakan untuk mengetahui target konsumen dalam sebuah bisnis dengan lebih detail.
Definisi istilah strategi bisnis ini juga dipaparkan oleh beberapa ahli bisnis seperti Kotler dan Amstrong sebagai pembagian sebuah pasar ke dalam beberapa kelompok pembeli berbeda. Tujuan dari pembedaan kelompok pembeli ini adalah untuk membentuk pasar yang homogen sehingga pemasaran sebuah produk bisa dilakukan dengan lebih spesifik sesuai dengan karakteristik pembeli yang ada.
Manfaat Segmentasi Pasar
Setelah mengetahui definisi dari segmentasi pasar, tentu Anda juga perlu mengetahui manfaat dan pengaruh segmentasi pasar terhadap bisnis Anda. Adapun beberapa manfaat segmentasi pasar di antaranya:
1. Segmentasi Pasar Membuat Strategi Marketing Berjalan Lebih Tepat
Manfaat pertama yang membuat ilmu mengenai segmentasi pasar penting untuk diperhatikan adalah pengaruhnya terhadap efektivitas strategi marketing yang dipilih. Dengan memahami segmentasi pasar bisnis Anda, Anda bisa lebih memahami karakteristik pasar dan konsumen bisnis Anda. Semakin Anda mengenal karakteristik konsumen Anda, maka Anda akan semakin mudah dalam memilih strategi marketing yang efektif bagi bisnis Anda.
2. Menarik Pelanggan yang Lebih Akurat
Setelah mengetahui karakteristik konsumen dan memilih strategi marketing yang tepat, Anda juga akan lebih mudah menarik jutaan pelanggan yang akurat sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Dengan pemilihan segmen pasar, Anda akan mengetahui jenis pelanggan seperti apa yang membutuhkan produk dari bisnis Anda. Perputaran produk Anda di pasaran akan berjalan lebih lancar karena Anda bisa menarik pelanggan yang akurat dan tepat dengan bisnis Anda.
3. Meningkatkan Branding Bisnis yang Dimiliki
Saat membuka sebuah bisnis, penting untuk membangun branding bisnis terlebih dahulu agar bisnis Anda dikenal luas dan kuat di pasaran. Segmentasi pasar bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk memperkuat branding bisnis Anda.
Konsumen akan merasa lebih diperhatikan serta mendapat pelayanan yang maksimal karena Anda telah mengenal spesifikasi konsumen tersebut. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya rasa nyaman konsumen hingga akhirnya membuat konsumen terus kembali menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda.
4. Mempermudah Pengembangan Produk
Dengan memahami segmen pasar bisnis Anda, manfaat segmentasi pasar lain yang akan Anda rasakan adalah mudahnya proses pengembangan produk bisnis Anda. Hal ini terjadi karena Anda telah mengetahui spesifikasi dan kebutuhan konsumen Anda dengan detail.
Setelah mengetahui karakteristik dan kebutuhan konsumen Anda, tentu Anda bisa lebih mudah membuat acuan mengenai bagaiman produk atau jasa Anda perlu dikembangkan. Arah perkembangan akan lebih mengerucut karena target marketing yang telah dikenali.
Tips Menerapkan Segmentasi Pasar dalam Bisnis
Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa cukup banyak manfaat segmentasi pasar dan berpengaruh cukup besar terhadap sebuah bisnis. Proses penentuan segmentasi pasar sendiri perlu dilakukan sedini mungkin agar berbagai manfaat dari strategi ini bisa segera tercapai.
Agar proses segmentasi pasar yang Anda inginkan bisa berjalan sesuai dengan harapan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan di antaranya:
1. Memahami Bisnis Secara Detail
Langkah paling awal sebelum menentukan segmen pasar adalah memahami dan mengenali detail bisnis dengan baik. Mulai dari jenis produk, manfaat produk, hingga berbagai keunggulan dan kelemahan dalam bisnis Anda perlu dikenali dengan baik sehingga nantinya penentuan segmen pasar bisa lebih mudah dilakukan.
2. Memahami dan Mengidentifikasi Target Pasar
Proses selanjutnya yang perlu dilakukan dalam menerapkan segmentasi pasar adalah memahami target pasar yang dibutuhkan serta mengidentifikasi target yang sesuai dengan detail dan bisnis Anda. Anda bisa mengidentifikasi target bisnis Anda melalui berbagai cara seperti survei, polling, dan lain sebagainya.
3. Memilih Strategi Marketing yang Sesuai
Langkah terakhir adalah memilih strategi yang dimiliki menyesuaikan dengan segmen atau kelompok target pasar tertentu yang telah diidentifikasi sebelumnya. Jalankan strategi bisnis sesuai dengan target pasar yang dipilih saat ini sehingga manfaat dari strategi tersebut bisa lebih mudah dirasakan.
Jadi apakah Anda sudah memahami seberapa besar manfaat segmentasi pasar dalam sebuah bisnis ? Menentukan segmen pasar yang tepat dalam bisnis Anda akan membuat bisnis Anda lebih mudah melesat.
Sumber gambar: https://pin.it/45PACRF